Ok, yang jelas sobat udah punya nomor resi atau kalau di JNE disebut JNE Airwaybill. Kalau belum, ya minta ke penjualnya ya. Trus sekarang buka web jne ( jne.co.id ). Sekarang kita coba cek pengiriman JNE berdasar resi punya saya. Dihalaman utama web tersebut ada kolom dengan judul “TRACE & TRACKING”. Nah, masukan nomornya dikolom itu dan klik “search”. Begitu tombol “search” diklik, akan muncul kolom baru untuk verifikasi bahwa kita bukan robot. Jadi silahkan saja masukkan kode/angka/huruf tersebut dikolom yang tersedia dan klik “search” lagi. Akan terbuka halaman baru yang menunjukkan status terkini kiriman barang kita. Kalau tulisan di kolom “status” masih tertulis “ON PROCESS”, artinya status kiriman kita masih dalam perjalanan.
Sekarang coba klik nomor resi kita yang ada dikolom “No. AWB”. Sobat akan melihat rincian histori pengiriman barang kita, mulai dari kota/kabupaten asal pengirim hingga status dimana barang kita sekarang berada. Yang perlu diketahui, pada bagian shipment status terdapat tiga baris status yang perlu diketahui. Ketiga status ini akan muncul bila barang memang sudah sampai di rumah/kantor kita. Ketiga status itu adalah Outbound, Delivery Time, dan POD detail. Saya ngga tau pastinya mengenai status tersebut. Tapi kalau mengingat pengalaman, maka outbound itu saya anggap waktu pengiriman berdasarkan barang sampai dibandara kota mana. Kemudian Delivery Time itu adalah status bahwa barang sudah ada di kantor JNE setempat kita berada. Terakhir, status POD detail adalah mengenai status bahwa barang sudah diterima di kantor/rumah kita dan siapa nama penerimanya.
Tip melakukan pengiriman dgn JNE:
- Selain nama lengkap anda, tulislah nama panggilan anda yg dikelan tetangga
- Pastikan alamat lengkap telah tertulis dgn benar
- Tulis keterangan tambahan mengenai lokasi alamat anda. Contoh: didepan gedung x, sebelah kiri kantor x, berpagar warna x, dll
- Jika di alamatkan ke kantor, tulis pula bagian; divisi; atau jabatan anda.
- Tulis pula nomor Telpon / HP dgn benar, dan jg masih aktif.
- JNE paket REG = 2 sampai dgn 8 hari kerja sejak paket dikirim, hal ini tergantung dgn kota tujuannya. Cth: Dari Jakarta=> ke Jakarta sekitar 1 sampai 2 hari kerja saja; sdg ke irian sekitar 7-8 hari kerja.
- JNE Paket YES = hanya perlu 1 s/d 2 hari kerja saja dari tanggal kirim hingga sampai alamat tujuan.
- Tertulis “data not found” atau “data tidak ditemukan” => ini biasanya karena kesalahan memasukkan nomor resi. Pastikan nomor resi sudah benar. Ingat tidak ada spasi diantara nomor resi tersebut. Silahkan cek contoh no resi diatas, atas di komentar-komentar tulisan ini. Namun bila nomor sudah benar tetapi masih menunjukkan hal demikian, kemungkinan data kiriman anda belum dimasukkan pihak JNE ke website mereka. Diperlukan sekitar 12 hingga 24 jam dari waktu pengiriman hingga data tersebut diinput dan bisa kita lihat.
- Tertulis ‘Criss Cross’, artinya nama & alamat pada nomor pengiriman berbeda dgn yg ada pada paket. Ini terjadi karena kelalaian petugas, sehingga bisa memperlambat kiriman 2-4 hari kerja.
- Tertulis ‘Mis Route’, artinya paket terkirim ke kota yg salah. Cth: harusnya ke kota surabaya, terkirim ke kota jogja. Keterlambatan bisa 2 s/d 5 hari kerja.
- Tertulis ‘Redelivery / reschedule’, artinya ketika dikirim alamat belum ditemukan atau ketika dikirim tidak ada orang untuk menerimanya.
- Tertulis ‘Kemalaman tidak diantar kurir’, ini bisa berarti bahwa paket anda hilang. Segera kontak JNE untuk minta pertanggungjawaban.
- Tertulis ‘Nama Tidak Dikenal / Unknown consignee’, artinya penerima paket di alamat tujuan tidak mengenal nama yang tertulis di paket.
- Tertulis ‘Alamat tidak ditemukan / Bad Address’, nah kalo ini artinya petugas JNE bener-bener menyerah karena tidak menemukan alamat tujuan. Jadi langsung ambil aja ke JNE terdekat ya.
0 komentar:
Posting Komentar